| PROPOSAL |
| KERJASAMA KLINIK FISIOTERPI |
| |
| Layanan fisioterapi merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi dan komunikasi |
| |
| FISIOTERAPI |
| 11/29/ |
A. Pendahuluan
Pusat Kesehatan Masyarakat, disingkat Puskesmas, adalah sebuah Organisasi fungsional. Fungsinya menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat. Tentu saja fungsi ini memerlukan keterlibatan dan peran serta aktif masyarakat. Namun jangan lupa juga dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna yang sangat aplikatif dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat, sehingga keberadaan Puskesmas dapat meningkatkan upaya kesehatan masyarakat setempat. Artinya dibutuhkan inovasi-inovasi baru disini. Upaya kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas tersebut diselenggarakan dengan menitikberatkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tentu saja dengan tidak mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.
B. Maksud Dan Tujuan
Maksud dan tujuan kerjasama ini adalah membantu pihak puskesmas dalam melaksanakan proses peningkatan kesehatan masyarakat dalam hal ini yang perlu kita sadari kesehatan adalah investasi jangka panjang yang akan di rasakan di kemudian hari bukan saat ini.
C. Hasil Yang Di Harapkan
Hasil yang diharapkan dari kerjasama antara fisioterapi dengan puskesmas sebagau berikut :
1. Dapat mendukung satu sama lain dalam proses pelayanan kesehatan masyarakat
2. Puskesmas tidak di bingungkan dalam melakukan pelayanan kesehatan tersendiri dari segi aspek SDM dan Oprasional
3. Memberikan kontribusi positif mengenai kesehatan bagi pemerintah, lingkungan kelurahan susukan dan sekitarnya
4. Puskemas dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat
D. Sasaran
Sasaran pengobatan dengan metode fisioterapi yang kami tangani seperti penderita dengan keterbatasan gerak, impairment, disability, serta handicap yang berada dilingkungan Kelurahan Susukan dan sekitarnya.
E. Fasilitas Layanan Fisioterapi
Layanan fisioterapi merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi dan komunikasi
F. Kerangka Dasar Kontrak Kerjasama Oprasional
Dalam kerjasama yang di tawarkan, Fisiotrapi berperan sebagai pelaksana oprasional dengan bertanggung jawab melaksanakan kegiatan oprasional sebagai berikut :
1. Mendapatkan ijin oprasional Klinik
2. Mempersiapkan infrastruktur klinik
3. Menyediakan tenaga medis yang berkualitas
4. Membuat sistem informasi oprasional dan keuangan yang efisien
5. Memberikan laporan sesuai permintaaan mitra secara berkala tentang keberlangsungan klinik yang berada di puskesmas kel. Susukan
Persetujuan Kerja
a. Physiotraphy memberikan Kontribusi sebanyak 20% pada pihak Puskesmas Susukan dari total Pemasukan setiap bulannya
b. Menggunakan Ruangan Lantai 3 dengan ukuran 2,5 x 5 M dengan Posisi di Hapit dengan 2 Ruangan dengan batas waktu yang tidak di tentukan atau dengan batas waktu minimas 1 Tahun/ 12 Bulan lamanya
c. Aliran listrik sesuai dengan kebutuhan tanpa melewati batas Maksimum
d. Wajib menjaga keharmonisan lingkungan, sarana dan prasana di lingkungan kerja / Puskesmas susukan
Mekanisme administrasi yang di tawarkan
1. Pembayaran Pasien
a. Pasien datang daftar di loket
b. Loket menyampaikan data ke Ruangan
c. Penanganan
d. Dokter/asisten Mengisikan kuwitansi berobat
e. Pasien Keluar Ruangan Membawa kuitansi yang akan di berikan ke loket pembayaran
f. Loket pembayaran wajib memberikan Kuwitansi biaya yang putih kepada pasien dan menyimpan Kuwitansi yang berwarna
2. Klaim Keuangan Klinik Fisiotherapi ke Puskesmas
a. Klaim dengan membawa kuwitansi penanganan pasien
b. Jika ada perbedaan dalam Perhitungan struk dalam melakukan klaim Kuitansi akan di musyawarahkan
c. Penagihan Paling Telatnya masuk Tanggal 25 Akhir bulan
d. Dan Pembayaran paling telat 28
e. Pembayaran dapat di Transfer dengan menunjukan bukti transfer dari pihak puskesmas
G. Lanpiran –Lampiran
( Lampiran 1) Profile Trapis
( Lampiran 2)Tebel Perlengkapan
(Lampiran 3) Simulasi Perhitungan Keuangan
( Lampiran 4) Gambar Mekanisme Administrasi
PENUTUP
Akhir kata kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap kesempatan yang telah diberikan oleh Puskesmas kepada kami, untuk dapat turut serta dalam memberikan kontribusi sebagai pelayan masyarakat. Besar harapan kami untuk dapat bekerjasama dengan Puskesmas susukan dalam hal ini Atas perhatiannya kami ucapkan tarima
Hormat kami,
Fisioterapi Admin
No. Reg : 71.07.08.00144
Menyetujui,
Kepala Puskesmas
Kelurahan Susukana
Dr. Betriswati Azis
Nip...........................
Saksi I Saksi II Saksi III
............... .................. ....................
( Lampiran 1)
Profile
Nama :
Tempat/tanggal lahir :
Lulusan : DIII Fk. Univ.Indonesia Prog Studi Fisioterapi Tahun 2008
Izin Fisioterapi : Nomor 6544/2008 No.Registrasi 71.07.08.00144
Berlaku hingga 14 -07 – 2013
Pendidikana Formal: Lulusan SDN Tebet Barat 05 Pagi Jakarta tahun 1999
Lulusan SMP Attahiriyah Jakarta tahun 2002
Lulusan SMA Muhammadiyah 5 Jakarta tahun 2005
Lulusan D3 Fisioterapi FKUI Tahun 2008
Semester akhir strata 1 Univ. Indraprasta
Pendidikan Non formal: Lulusan conversation course LIA
Training ESQ
Training chiropractic dll
Seminar Sensory integrasi
Seminar JANTUNG-PARU
Keahlian Khusus: BOBATH, PNF, SENSORY INTEGRATION
TRIGGER POINT MUSCLE, MANUALITAS
EXERCISES , BREAST CARE, MSG BABY,
SENAM HAMIL, DLL
Pengalaman: Clinic dr. Farida pondok gede, physiotherapy
RS. Triadipa pancoran, physiotherapy
RS. Asri duren tiga, physiotherapy
RSIA tambak
Citilife Chiropractic
Sekilas Tentang saya dibuat dengan sebenar – benarnya sebagai bahan pertimbangan
( Lampiran 2)
Daftar Peralatam
| No | Nama barang | Jumlah | Keterangan |
| 1 | Meja kerja | 1 | |
| 2 | Air Cooler / AC | 1 | |
| 3 | Kursi | 2 | |
| 4 | Inhalasi / nebulezer | 1 Unit | |
| 6 | Tempat tidur pasien | 2 Unit | |
| 8 | Bola Besar | 2 Buah | |
| 9 | Ultrasound/US | 1unit | |
| 10 | Ice Bag | 1 unit | |
| 11 | Cold Pack/Hot pack | 1 Buah | |
| 12 | Meja dorong | 2 Unit | |
| 13 | Handuk Kecil | 10 Buah | |
| 16 | Selang inhalasi | 2 Buah | |
| 17 | Masker Inhalasi | 2 Buah (kecil&Besar) | |
| 18 | Matrass 3x5 M | 1buah | |
| 19 | Lemari Berkas | 1 Unit | |
| 20 | Dan beberapa alat pendukung lainnya | | |
Note :
Untuk kebutuhan infrastruktur di pastikana akan adanya penambahan seiring dengan kebutuhan dan memaksimalkan Pelayanan.
( Lampiran 3)
Simulasi Perhitungan Keuangan
Pemasukan Perbulan
Per Alat :Rp 25000 x 5 Orang =Rp. 125.000/Hari x 16 hari =Rp. 2000.000/bulan
US/Uap+ Obat :Rp 45000 x 3 Orang =Rp. 135,000/Hari x 16 hari =Rp. 2.160.000/bulan
Rp. 4.160.000/Bulan
Pengeluaran Perbulan Option awal :
Total Income Dikurang 20% Untuk Puskes : 4.160.000 – 20% Rp. 832.000
Note :
Perhitungan diambil dari jumlah minimal jam oprasional dan minimal jumlah pasien, jika pendapatan di bawah atau di atas simulasi perhitunganpun tidak pengaruh dengan persentase sebesar 20% yang akan di potong dari total pendapatan perbulan.
( Lampiran 4)
Mekanisme Administrasi
Gambar 1: Pembayaran Pasien

1. Pasien datang daftar di loket
2. Loket menyampaikan data ke Ruangan
3. Penanganan
4. Dokter/asisten Mengisikan kuwitansi berobat
5. Pasien Keluar Ruangan Membawa kuitansi yang akan di berikan ke loket pembayaran
6. Loket pembayaran wajib memberikan Kuwitansi biaya yang putih kepada pasien dan menyimpan Kuwitansi yang berwarna
( Lampiran 5)
![]() |
Gambar 2 : Klaim Keuangan Klinik Fisiotheraphy ke Puskesmas Kel. Susukan
1. Klaim dengan membawa kuwitansi penanganan pasien
2. Jika ada perbedaan dalam Perhitungan struk dalam melakukan klaim Kuitansi akan di musyawarahkan
3. Penagihan Paling Telatnya masuk Tanggal 25 Akhir bulan
4. Dan Pembayaran paling telat 28
5. Pembayaran tidak dilakukan secara tunai melaikan Transfer Ke Rek BCA dengan menunjukan bukti transfer dari pihak puskesmas
“ Pelayanan kesehatan bukan hanya pelayanan medis yang melihat bagian-bagian yang sakit saja, tetapi adalah pelayanan kesehatan paripurna yang memandang manusia sebagai manusia seutuhnya”
Regards

Tidak ada komentar:
Posting Komentar